Selasa, 16 Juni 2020

Belajar Menggunakan RSM Central Composite

Bagi teman-teman yang masih bingung nih sama RSM 🤔 saya akan mengajari menggunakan aplikasi ini, walaupun masih sederhana dan masih belum mahir 🙄 tapi saya tetap berusaha membagikan ilmu yang masih ada pada saya 😊
Harap dimaklumkanlah hasil gambar saya nanti karena saya menggunakan aplikasi jadul yaitu "Design-Expert 6.0.8 Portable" yah... aplikasinya yang bisa saya download belum ada warna 😔 tidak seperti penelitian saya yang sudah berwarna dikarenakan laptop saya sudah diinstal ulang 😭 (Curhat nih... ceritanya..) Ok, kembali ke laptop 💻


Berikut langkah-langkah menggunakan RSM Central Composide:
1. Buka aplikasi RSM, kemudian pilih New Desin di atas pojok kanan kiri, yang sudah di tandai warna kuning


2. Setelah tampilan berubah, pilh Response Surface dan pilih Central Composite yang tertera  sebelah kanan kemudian pilih factor ranges in terms of alpha,

3. Berdasarkan yang ingin diteliti, kita bisa memilih beberapa kolom di numeric factors, kemudian masukkan nilai yang teman-teman inginkan -alpha nilai minimum, +alpha nilai maksimum, contohnya seperti gambar dibawah dan klik continue

4. Iinput nama dan unit yang akan menjadi respon pada penelitian teman-teman klik continue

5. Nilai X dan Y akan di analisa oleh aplikasi dan tertampil pada kolom seperti dibawah ini


Nah, Respon 1 dan 2 ini hasil yang telah kita teliti

Setelah ini pasti banyak yang bingungkan....🤔
saya akan mengajari sebisa mungkin
6. Klik Komposisi di menu Analysis dan klik Model, pada process order pilih Cubic

 7. klik Model Graphs, setelah tertampil gambar dibawah klik OK


Teman-teman bisa melihat hasilnya significant atau tidak dimenu Anova sebagian bila ada menemukan yang not siginicant berarti hasil responnya ada yang salah,

8. Pilih Menu Model Graph

Bila teman-teman ingan gambanrnya 2 dimensi pilih menu view dan klik 3D Surface
Hasil gambarnya seperti ini, tidak berwarna dikarenakan menggunakan aplikasi "Design-Expert 6.0.8 Portable"

Teman-teman juga bisa mengedit grafiknya dengan klik kanan, pilih Graph Prefences

Sampai disini belajar RSMnya, semoga bermanfaat 🤗


1 komentar:

  1. Akhirnya ada juga artikel yg sprti ni, dulu seblm kakak, capek saya kak search di google gk ada yg ngajari RSM sampek kek gni.
    Maksih kak udah ngebantu kali ni...

    BalasHapus